central entok di mojokerto

Pakan Entok merupakan kebutuhan terpenting bagi kelangsungan hidup entok. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua mahluk hidup tidak akan hidup tanpa adanya makanan. Makanan adalah sumber pokok agar mahluk hidup dapat bertahan hidup. Makanan yang berkualitas sangatlah diperlukan agar mahluk hidup dapat tumbuh secara optimal.
Anakan Entok
Makanan-makanan yang berkualitas juga sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup entok. Memang benar entok bisa mencari makanan sendiri dengan memanfaatkan kakinya yang berselaput untuk berenang di air dan paruhnya yang sudut untuk mengambil makanan didalam air, akan tetapi tanpa pakan pokok dari pemeliharanya sudah pasti hewan ini tidak akan bertahan hidup atau tumbuh dengan baik dan cepat gemuk.
Entok Dewasa
Setiap pemberian pakan perlu diberikan asupan-asupan nutrisi berupa vitamin ataupun gizi  supaya menghasilkan entok yang berkualitas. Kita juga harus memperhatikan porsi makanan untuk anakan entok atau indukan entok. Hal ini bermaksud agar kita tidak salah takaran untuk pemberian pakannya.
Sumber-sumber pakan yang baik untuk menghasilkan entok yang berkualitas
  1. Untuk anak entok umur 1-14 hari
Pakan entok untuk umur 1-14 hari harus memiliki kandungan nutrisi dan protein yang sesuai dengan porsi anak entok sehingga mempercepat pertumbuhan dan perkembangbiakan dan sistem kekebalan tubuh serta saluran pencernaan.
Kebutuhan Nutrisi seperti
  • Protein kasar
  • Energi
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin
 Produk seperti itu akan kami dapat didalam konsentrat starter. Jadi pakan yang baik untuk anak entok umur 1-14 hari yaitu konsentrat starter
  1. Jumlah kebutuhan pakan entok perhari
Dalam pemberian pakan setiap harinya perlu dilakukan sebanyak dua kali, pada pagi hari sejumlah 40 % pada sore hari sejumlah 60 %
Sejak umur 1 hari entok sudah memerlukan pakan sekitar 30 gram. Perubahan jumlah pakan per minggu maupun perharinya peternak harus melakukan perkiraan untuk penambahan pakan entok. Karena anakan setiap harinya akan tumbuh besar sehingga porsi makannya pun juga bertambah. Perlu penambahan 6 gram setiap hari untuk pemberian pakannya.
  1. Disaat umur 15-35 hari kebutuhan pakan sedikit menurun dibanding dengan umur 1-14 hari. Pada tahap pertumbuhan ini anak entok lebih membutuhkan energi, hal ini bertujuan agar laju pertumbuhan bobot cepat.
Berikan pakan berupa konsentrat yang dapat dicampur dengan dedak, jagung, ampas tahu dan lainnya.
  1. Pada umur 36-60 hari, entok cenderung lebih membutuhkan vitamin dengan mineral dengan jumlah yang besar karena untuk menjaga rangka dan kesehatan entok tetap baik.
Biasanya pada umur ini peternak bisa memformulasikan sendiri jenis pakan yang akan diberikan untuk entok. Biasanya terdiri dari  ikan runcah, menir, bekatul, enceng gondok, keong, dedak, ampas tahu nasi aking dll.

mungkin bagi sebagian peternak entok selain peternak pembesaran dalam sekala besar, yang dicari adalah bagaimana entok cepat bertelur terutama bagi yang mempunyai usaha ternak entok dalam bidang DOE atau pembibitan. kali ini saya akan memaparkan bagaimana membuat entok anda subur dari segi produktifitas maupun kesehatan.

hal yang paling penting dalam membuat entok anda cepat bertelur adalah makanan, anda harus memperhatikan nutrisi maupun protein dalam pemberian pakan entok anda, salah satu penunjang protein dalam pemberian pakan entok antara lain adalah keong sawah. keong jenis ini banyak sekali ditemui di persawahan apabila anda tinggal di desa.

tak hanya keong sawah sebagai sumber protein dalam pakan entok, bekicot adalah salah satu sumber protein juga yang tak kalah besar. namun dari kedua hewan tersebut lebih baik anda mengolahnya terlebih dahulu, seperti bekicot bisa anda jadikan tepung bekicot sebelum anda memberikanya pada entok kesayangan anda.

berikut ini 3 faktor agar entok anda cepat bertelur.
  1. Makanan
    dari segi makanan sudah sedikit diulas tadi pada awal artikel, intinya makanan berprotein tinggi memperbaiki reproduksi telur sehingga entok anda akan bertelur cenderung lebih baik dan banyak.
  2. Lingkungan
    lingkungan yang memadai juga mendukung bagaimana entok untuk cepat bertelur, usahakan lingkungan kondusif. habitat entok sebenarnya adalah darat dan air jadi usahakan agar lingkungan atau kandang anda anda lengkapi dengan kolam untuk menjaga entok agar tidak stress.
  3. Vitamin/Obat
    anda juga bisa memberikan vitamin atau obat obatan yang bisa membuat entok anda cepat bertelur, pengalaman penulis disini pernah menggunakan salah satu merk untuk vitamin dan hasilnya sangat memuaskan.