jual entok mojokerto

Penanganan Penyakit Pada Budidaya Entok


Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya entok dan jenis unggas lainnya adalah dalam persoalan penanganan dan pengendalian serangan penyakit. Adapun jenis penyakit yang berpotensi menyerang budidaya entok antara lain fowl pox, fowl cholera, coccidiosis, avian influenza, avian chlamydiasis, botulismus, dan sallmonellosis.
Walau cukup banyak penyakit yang berpotensi menganggu budidaya entok tetapi jangan khawatir karena entok cukup tahan terhadap serangan penyakit. Kunci pengendalian dalam budidaya entok adalah dengan memperhatikan masalah sanitasi dan sirkulasi di lokasi kandang, kebersihan dan kesehatan pakan, serta antisipasi terhadap kondisi lingkungan sekitar.
Pencegahan penyakit pada budidaya entok juga dapat dilakukan melalui vaksinasi dan pemberian antibiotik seperti Furasolidine, Sulfadimidin, Spreptomycin, Tetramysin, dan Oxytetrasiklin.
Pelaku budidaya entok juga menghadapi tantangan dari predator alami entok selain dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus seperti yang disebutkan di atas. Pelaku budidaya entok harus mengetahui bahwa anakan entok juga menghadapi ancaman kematian dari serangan tikus, musang, burung elang, dan ular. Untuk itu pastikan kandang budidaya entok dapat melindungi hewan peliharaan dari pemangsanya.
Demikian tips sukses budidaya entok bagi pemula semoga bermanfaat dan selamat menjalankan usaha budidaya entok.