bibit entok tuban


Cara Sukses dalam Pemeliharaan Ternak Entok
Ternak entok atau ternak mentok sudah bukan hal  baru lagi. Banyak masyarakat yang membudidayakannya baik hanya untuk sekedar hobi ataupun sebagai mata pencaharian. Entok merupakan hewan unggas yang sangat terkenal didunia hewan di Indonesia danbanyak   dipelihara oleh masyarakat Indonesia terutama masyarakat perkampungan atau pedesaan. Karena banyaknya peternak yang memelihara entok, maka semakin banyak masyarakat kita yang kreatif mengolahnya menjadi beraneka ragam menu masakan. Selain karena banyaknya peternak yang memeliharanya, entok adalah salah satu hewan yang mudah untuk dipelihara. Hewan Entok ini termasuk hewan yang  sangat mudah beradaptasi dilingkungan barunya.
Agar sukses dalam pemeliharaan entok kita harus mengetahui cara-cara yang jitu agar berhasil dalam memelihara entok supaya entok yang dihasilkan juga akan berkualitas.
Langkah pertama agar sukses dalam pemeliharaan entok yaitu pemilihan bibit
Dalam pemilihan bibit kita harus benar-benar mengetahui bibit entok yang berkualitas. Bibit entok akan dibudidayakan sebagai produksi telur sudah pasti kita harus memilih bibit yang berkualitas
Cara dalam pemilihan bibit entok yang berkualitas :
§  Pilihlah bibit entok yang sehat dan tanpa mengalami penyakit
§  Bibit entok terlihat lincah
§  Bibit entok cepat pertumbuhannya
§  Memproduksi telur dengan banyak
§  Memiliki nafsu makan yang baik
Langkah kedua adalah pemihan lokasi yang tepat untuk ternak entok sangat penting agar tidak menghambat tumbuh kembangnya entok.  Berikut adalah beberapa cara untuk pemilihan lokasi yang tepat untuk memelihara entok
§  Lokasi kandang jauh dari pemukiman warga
§  Tempatnya lembab atau di perairan
§  Terkena sinar matahari langsung
§  Jauh dari gangguan manusia dan binatang-binatang yang buas
§  Tempat yang mudah untuk mendapatkan makanan tambahan
§  Biasakan untuk dikeluarkan dari kandang, agar entok dapat bergerak bebas
Langkah Ketiga pemberian pakan entok
Dalam pemberian entok perlu diperhatikan porsinya, anakan entok dengan entok dewasa sudah pasti  berbeda. Pada masa pertumbuhan berilah asupan nutrisi dan gizi yang baik. Tempat pakan dan minum entok bersihkan secara teratur agar entok terhindar dari penyakit.
Yang perlu diperhatikan dalam pemberian entok ialah
§  Untuk anak entok umur 1-2 minggu berikan konsentrat starter
§  Untuk minggu selanjutnya berikan konsentrat yang sama dengan ukuran pakan indukan
§  Apabila indukan bertelur setelah 1 bulan, pisahkan indukan dari anak-anaknya
§  Biasanya entok bertelur pada masa pengeraman umur 35 hari atau 2-3 minggu
Langkah Keempat Pengendalian penyakit
Lakukan vaksinasi dengan cara campurkan vaksinasi didalam minuman dan pakan entok, vaksinasi ini bertujuan untuk menjaga kekebalan tubuh entok agar tidak mudah terserang penyakit.
Selain daging entok serta telur entok kita juga bisa mendapatkan manfaat dari kotoran entok untuk pupuk yang dapat menyuburkan tanaman.