peluang usaha itik surati


Itik surati merupakan salah satu unggas jenis bebek yang mempunyai banyak nama di indonesia, seperti mItik surati (jawa), serati (sumatera), entong, dll. Unggas dengan nama latin Chairina Moschata ini termasuk kelas unggas dengan tubuh ukuran sedang  hingga agak besar, bulu putih atau hitam atau kombinasi hitam dan putih.
Mempunyai tonjolan kulit warna merah di sekitar paruh (karankula), Itik surati juga memiliki paruh berwarna putih kemerahan berbentuk pendek dan gemuk/lebar, kaki pendek dan gemuk berselaput renang berwarna abu abu kehitaman, ekor pipih mendatar dan agak lebar. Ekor akan bergerak ke kiri dan ke kanan saat berjalan untuk menjaga keseimbangan tubuhnya (megal megol = jawa), jika diamati akan sungguh menghibur.
Kelebihan Itik surati sebagai Hewan Ternak
Beternak Itik surati sebenarnya cukup mudah, mulai dari tahap pemberian pakan dan minum yang sederhana hingga karena daya tahan tubuh Itik surati yang cukup baik. Dengan pemeliharaan yang sunguh sungguh walaupun hanya usaha sampingan, beternak Itik surati dapat menjadi usaha yang sangat menjanjikan untuk menambah penghasilan.
Berikut beberapa kelebihan Itik surati sebagai hewan ternak :
§  tidak berisik, hanya mengeluarkan desisan/desahan ketika berjalan.
§  lebih rakus sehingga relatif cepat besar saat diberi pakan berprotein tinggi.
§  pakan mudah didapat, seperti dedak, makanan sisa dapur, batang pisang, siput, bekicot, roti sisa, sayuran sisa, buah buahan sisa, dll.
§  daging lebih tebal dan aroma khas tak setajam daging itik meskipun dengan pengelolaan yang sederhana.
§  harga relatif lebih tinggi dibanding ayam dan mudah dibeli oleh pedagang/pengepul, peningkatan harga sangat tajam saat momen tertentu, seperti lebaran.
§  lebih sulit terserang penyakit dan tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca ekstrim daripada ayam.
§  unggas pengeram yang sangat baik, bahkan sering disebut sebagai mesin penetas telur karena mampu mengerami telur dari unggas lain seperti bebek dan ayam.
§  bulu bisa dijadikan hasil sampingan dalam pembuatan shuttle cock (40-50 hari sekali dicabuti).
Persiapan Pembuatan Kandang
Walaupun pembuatan kandangnya relatif mudah, tapi kandang harus disiapkan dengan cukup matang.  Kandang dapat dibuat secara sederhana dengan pagar dari jaring dipadukan dengan bambu dan tempat pakan diletakkan di dalamnya karena yang terpenting adalah tinggi pagar diusahakan untuk mengatasi Itik surati agar tidak terbang keluar kandang.
Cara Pemeliharaan
Beternak Itik surati hampir sama dengan beternak jenis itik lainnya akan tetapi Itik surati sering disebut sebagai unggas pemakan segala yang sangat efisien dalam mengubah segala jenis pakan menjadi daging. Tapi karena periode produksi ternak ini relatif cukup lama dibanding ayam dan bebek maka perlu pemikiran kreatif dari peternak untuk mencari alternatif pakan yang berbiaya rendah.
Berikut ini  langkah  pemeliharaannya:
§  Setelah Itik surati menetas, usahakan dapat bersama induknya selama 1 hingga 2 hari agar secara alami induknya dapat mengajari anaknya cara memakan pakan. Setelah hari ke 3, pisahkan dari indukan dan taruh di box, pastikan tersedia wadah pakan dan minum dalam kandang baterai. Dan pastikan tak terjangkau binatang pemangsa atau ganguan lainnya, seperti semut.
§  Beri makanan yang berprotein tinggi untuk DOD selama masa pertumbuhan, bisa menggunakan sentrat pabrikan maupun limbah ikan yang ada di sekitar anda. pastikan Itik surati usia 1-2 minggu diberi pakan konsentrat starter. dan saat usia 2-4 minggu diberi pakan konsentrat starter dengan tambahan konsentrat pakan Itik surati
§  Sekitar umur 3 mingggu anakan Itik surati sudah bisa di lepas ke kandang untuk mempercepat proses pertumbuhanya. Sedangkan usia 5 minggu-dewasa, sudah dapat diberi konsentrat pakan Itik surati.
§  Saat Itik surati memasuki pertumbuhan sekitar umur 3 bulan, perlu dijaga ketersediaan pakan di kandang karena Itik surati sudah mulai rakus rakus nya, sehingga diperlukan daya kreatifitas peternak mencari pakan alternatif selain bekatul maupun jagung, seperti gedebog pisang, daun daunan, pepaya, nangka, hingga siput/keong mas untuk menambah protein agar lebih cepat pertumbuhannya. Dan pada tahap ini bekatul hanya menjadi pakan tambahan.
§  Itik surati akan mulai bertelur saat berumur 6-8 bulan.
(Pastikan di setiap kandang anakan Itik surati terpisah dari entog dewasa atau yang lebih besar agar tidak kalah dalam mendapatkan pakan.)
Cara buat konsentrat pakan Itik surati :
§  Campur dedak kasar, air dan sedikit tepung ikan
§  Hingga adonan menjadi agak cair
§  Beri sekali sehari, 10-25 gr/ekor.
Analisis Usaha Tani Budidaya Itik surati Pedaging
Jumlah Biaya
Biaya Kandang Sederhana 200 ekor
Rp   500.000
Biaya DOD 200 ekor x Rp3.500
Rp   750.000
Biaya Pakan :
1.      Pakan voer ayam (1—15 hari ) 15 hari x 3 kg x Rp4.000
Rp   180.000
2.      Pakan Ransum (16—90 hari) 75 hari x 56 kg x Rp200
Rp   840.000
Biaya Obat-obatan
Rp     50.000
Biaya Tenaga Kerja
Rp   150.000
Jumlah
Rp2.470.000
Hasil penjualan 90% dari 200 ekor, yaitu 180 ekor @ Rp25.000
Rp4.500.000
Pendapatan
Rp2.030.000