Resep rica rica entok pedas spesial


Resep Rica-rica Entok ini begitu mudah cara membuatnya, selain itu bahan untuk membuatnya juga sangat mudah didapatkan. Proses pemasakannya pun tidak ribet dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Nah sebelum kita mulai membuat resep yang nikmat ini anda terlebih dahulu menyiapkan bahan untuk membuat resep Rica-rica Entok :

BAHAN-BAHAN RICA-RICA ENTOK PEDAS ENAK

  1. Satu ekor itik atau entok yang dipotong-potong
  2. 150 cc air matang
  3. 5 buah daun jeruk nipis
  4. 1 sdm perasan air jeruk nipis
  5. Minyak goreng untuk menumis
  6. 1 ruas lengkuas yang dimemarkan
  7. 8 siung bawang merah yang diiris tipis
  8. 1 lembar daun salam
  9. 2 batang serai ambil bagian putihnya lalu memarkan
  10. 3 lembar daun jeruk
Untuk menciptakan resep Rica-rica Entok yang pedas nikmat berikut rahasia bumbunya yang dihaluskan:
  1. 3 cm jahe
  2. 10 buah cabai merah
  3. 10 buah cabai rawit warna merah
  4. 6 siung bawang putih
  5. 10 siung bawang merah
  6. 1 ruas kencur
  7. 1 sendok teh merica
  8. 1 sendok makan ketumbar
  9. Kecap manis secukupnya
  10. Gula merah secukupnya
  11. Garam secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya
  13. 1 sendok makan margarine

CARA MEMBUAT RICA-RICA ENTOK PEDAS ENAK

Kini resep Rica-rica Entok siap menggoyang lidah anda, tidak hanya nikmat disantap dengan nasi putih kenikmatan yang lebih gurih bisa anda dapatkan tatkala anda memadukannya dengan nasi bakar. Yakni nasi yang dicampur dengan sedikit kemangi lalu dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang dalam panggangan dari tanah.
Panaskan minyak goreng hingga panas lalu tumis bahan tumisan seperti:serai, bawang merah, dan daun salam hingga berwarna kecoklatan. Setelah bumbu tumisan berwarna kecokelatan masukkan daun jeruk dan bumbu halus lalu lanjutkan proses pemasakan hingga aroma harum tercium oleh hidung.
Setelah itu masukkan daging entok yang telah dipotong-potong lalu campurlah dengan bumbu yang telah ditumis hingga rata sekitar 3 hingga 4 menit. Setelah tercampur rata anda bisa memasukkan air, aduk-aduk perlahan lalu tutuplah wajan anda dan masak hingga kuah meresap dan menyusut benar-benar kedalam daging.
Untuk mendapatkan daging entok yang matang dan empuk anda sebaiknya menggunakan api kecil dalam proses pematangan ini. Tunggu hingga air benar-benar menyusut habis meresap empurna pada setiap sela daging entok, untuk benar-benar memastikan kematangan daging dan citarasa bumbu apakah sudah pas atau belum anda juga bisa mencicipi sedikit dagingnya.
Tips untuk memperoleh kualitas daging entok yang tidak amis caranya adalah dengan melumuri daging dengan perasan jeruk nipis, membuang brutunya karena membuat  bagian dalam daging sulit dibersihkan, dan membuang lender yang terdapat dibagian dalam daging entok. Sedang tips untuk memperoleh daging entok yang bagus dan empuk sebaiknya anda membelinya dengan umur sekitar 3 bulan atau tidak terlampau tua.