7 Makanan Ikan Oscar Yang Baik Untuk Pertumbuhan


Bagi anda yang memelihara ikan oscar (Astronotus) selain perawatan yang baik anda berikan pastinya anda harus memberikan makanan ikan oscar yang baik agar ikan dapat tumbuh dengan baik. Di pasaran sendiri terdapat banyak pilihan makanan ikan oscar yang dapat anda berikan tentunya dengan berbagai pilihan untuk ikan oscar yang masih kecil/anakan atau ikan oscar yang sudah besar. Ikan oscar sendiri adalah ikan air tawar yang memiliki ukuran yang sedang dengan variasi warna yang mencolok dan cerah, ada berbagai macam variasi warna seperti cokelat, hitam, merah dan kuning , namun biasanya warna ikan oscara tidak hanya 1 warna saja akan tertapi paduan dari 2 warna atau lebih dengan salah satu warna dominan.
Pertubuhan ikan oscar akan terasa lambat jika pada waktu masih dalam bentuk burayak nutrisi makanan dan vitamin tidak sebanding maka akan dijumpai ikan oscar dengan bentuk tubuh yang bervariasi yakni besar dan kecil walaupun umur ikan tersebut sama, nah untuk itu makan pada kesempatan kali ini kami merekomendasikan pilihan makanan yang baik dan bagus untuk ikan anda agar cepat besar.

Makanan Ikan Oscar Agar cepat besar

1 . Cacing sutera
Cacing sutera menjadi pilihan makanan yang paling baik untuk ikan oscar sebab memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan oscar, untuk pemeriannya sediri berilah cacing yang segar dan bukan cacing beku sebab ikan oscar sangat menyukai makanan yang segar.
2. Jangkrik
Jangkrik juga dapat diberikan sebagai makanan ikan oscar hanya saja pemberiannya sebaiknya diperhatikan , jangan sesekali memberi makan jangkrik yang masih hidup karena dapat melukai mulut ikan oscar akan tetapi berilah jangrik yang sudah mati dan jika anda tidak malas kaki jangrik bagian belakang di pisahkan sebab terlalu keras untuk dimakan ikan oscar.
3. Udang Segar
Udang segar juga dapat menjadi pilihan makanan dimana udang memiliki nutrisi yang baik untuk ikan ini dan tentu saja ikan oscar sangat menyukainya, untuk anda yang memelihara ikan ini belum terlalu besar sebaiknya udang di cacah kecil-kecil agar dapat dimakan oleh ikan ini.
4. Ikan Cere/Cetul/Chetul
Ikan cere atau cetul atau chetul  yang masih kecil dapat anda jadikan pakan alternatif yang kaya nutrisi untuk ikan ini, ikan cere atau cetol dapat diberikan sebagai pakan segar dan tentu saja menyehatkan untuk di konsumsi ikan oscar, ikan cere sendiri diberbagai daerah di indonesia memiliki nama yang berbeda-beda pula setiap daerahnya dan tidak sulit mencari ikan ini.
5. Kelabang 
Kelabang yang berukuran kecil dan tentu saja sudah tidak dalam keadaan hidup dapat menjadi pilihan makanan tambahan untuk ikan ini, biasanya pemberian kelabang tidak menjadi makanan utama hanya sebagai makanan tambahan dan sekali sebulan diberikan.
6.Ulat Jerman
Ulat jerman dapat anda beli di toko penjual makanan ikan di kota anda, ulat jerman memiliki protein yang kaya dan cocok untuk ikan oscar anda, pemberian makan berupa ulat jerman sebaiknya diberikan kepada ikan oscar yang sudah dewasa.
7. Pelet ikan
Pemberian pakan berupa pelet pada ikan oscar memang tidak disarankan sebab pelet tidak bagus untuk pertumbuhan ikan namun tidak semua pelet tidak baik , ada beberapa pelet ikan yang diracik dengan campuran bahan-bahan yang memenuhi nutrisi serta vitamin ikan oscar. Pemberian berupa pelet dapat saja anda berikan namun ikan tidak terlalu menyukainya.
Nah itulah 7 makanan ikan oscar yang dapat anda berikan agar ikan cepat besar dan sehat, sebagai catatan pemberian makan ada baiknya secukupnya saja dan jangan sampai sisa makanan membuat air aquarium menjadi keruh dan kotor , untuk mengakalinya dan membuat sisa makanan diair hilang anda dapat menempatkan ikan sapu-sapu bersamaan dengan ikan oscar sebagai pembersih sisa makanan dan kotoran di aquarium.