cara membedakan entok jantan dan betina


Sebenarnya membedakan entok jantan dan betina sangatlah mudah namun dalam beberapa kasus sering sekali para peternak entok pemula tidak tau cara membedakannya. memang untuk membedakan entok jantan dan betina tidaklah bisa dilakukan pada saat entok masih kecil namun dapat dibedakan pada saat entok sudah memasuki usia dewasa.
ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui dan membedakan antara entok jantan dan betina, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan andatara keduanya.

1. Melalui suara

membedakan entok jantan dan betina melalui suaranya adalah carah yang paling mudah dan sederhana yang dapat dilakukan, untuk dapat melakukannya cukup tekuk bagian leher entok secara berlahan jika entok suaranya serak maka dapat dipastikan bawah itu adalh entok jantan namun jika saat ditekuk suaranya berbeda dan melengking tinggi maka entok tersebut adalah betina.

2. Membedakan melaui pengamatan

membedakan entok dengan cara ini memang tergolong gampang – gampang susah , akan tetapi jika dipahami secara seksama maka dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk membedakan antara entok jantan dan betina cukup mengamati bagian tubuh entok terutama kepalanya. untuk entok jantan kepala sedikit lebih besar dan memerah , gerakan entok jantan tidak terlalu aktif dan yang paling utama entok jantan lebih agresif jika dibandingan dengan entok betina. untuk entok betina adalah kebalikkanya memiliki kepala yang sedang dengan herakan yang lincah dan warna bulunya yang sedikit lebih terang dan tipis.
Nah itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan antara entok jantan dan entok betina, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dalam membedakan antara jenis kelamin entok.
sebenarnya ternak atau budidaya entok tidak begitu sulit, bagi anda yang sudah pernah beternak bebek sebelumnya ternak entok sama dengan ternak itik, hanya saja ternak entok tidak sesulit ternak itik namun ada beberapa hal yang harus diperhatika agar ternak entok  atau budidaya entok nanti sukses dan berhasil. Selain ternak entok untuk diambil dagingnya biasanya para peternak entok juga mengambil telurnya sebab harga daging dan telur entok memiliki harga yang cukup mahal di pasaran.
Dalam beternak entok sebaiknya pahami dulu lingkungan disekitar anda , sebaiknya lingkungan disekitar tempat anda beternak entok nantinya berukuran luas sebab jika sempit akan membuat entok tidak nyaman nantinya. jika tempat ternak sudah anda rasa cocok maka kita mulai cara beternak entoknya, berikut cara beternak entok agar maksimal dan sukses berdasarkan sumber yang terpercaya.

Ternak entok

1. Memilih bibit atau anakan entok
Sebelum memulai beternak entok tahap pertama yang harus dilakukan adalah memilih anakan entok yang akan diternakkan nantinya , pilihlah bibit entok yang sehat, biasanya ciri-ciri entok yang sehat ditandai dengan gerakannya yang lincah , tidak ada cacat dibagian tubuh dan juga badannya terasa hangat. Untuk anda yang tidak ingin ternak entok dari kecil sebaiknya mememilih entok yang sudah berukuran dewasa saja sekitar umur 1 bulan , umur entok segitu sudah menjanjikan untuk hidup sehingga resiko kematian bisa di minimalisir.
2. Kandang entok
tidak sepeti ayam yang memerlukan kandang entok tidak memerlukan kandang layaknya ayam, cukup membuat tenda menggunakan terpal sebagai tempat untuk entok berlindung dari hujan dan panas matahari. kandang entok sebaiknya berukuran sedang dan kalu bisa sesuaikan dengan jumlah entok , jika entok sedikit maka terpal yang digunakakan sebagai atap kandang sedang saja namun jika entok banyak maka sesuaikan ukuran nantinya dengan jumlah entok.
3. Makanan entok
‘Untuk makanan entok dapat diberi makanan buatan atau makanan alami , namun dalam beberapa kasus dikarenakan sulitnya mendapatkan makanan para peternak entok menggunakan makanan alternatif untuk entok seperti campuran kedua bahan antara pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami yang dapat diberikan kepada entok dapatb berupa daging bekicot atau keong yang sudah di cincang atau dicacah halus-halus , selain itu dapat juga diberikan bekatul atau ubi yang dipotong kecil-kecil. untuk pakan buatan dapat mencampurkan dedak dengan bekatul sebagai makanan utamanya. Untuk mengurangi pengeluaran dalam membeli makanan sebaiknya berikan entok pakan alternatif berupa campuran bekatul atau keeong yang dicampur dengan dedak atau ampas tahu , makanan jenis ini termasuk ampuh dalam membuat entok sehat dikarenakan kandungan nutrisi pada makanan sangat tinggi sehingga entok lebih sehat dan juga bagi entok petelur makanan jenis ini sangat disarankan.
4. Perawatan entok
Untuk perawatan entok sangat mudah cukup bersihkan kandang setiap hari dari sisa makanan dan kotoran dan jika memungkinkan sebaiknya di kandang entok berikan lampu pijar sebagai penerangan dan juga pnghanatan dimalam hari sebab entok sangat rentan akan hal ini. lampu pijar dapat ditempatkan di kandang entok, hanya saja lampu jika bisa berukuran besar yaitu 10 Watt 4 biji.
5. Vitamin entok
Untuk vitamin entok sendiri hanya sebagai tambahan saja , vitamin entok dapat dibeli di tempat khusus , bisanya vitamin endotk berupa cairan yang dicampur kedalam makanan dan minuman entok, berikanlah vitamin paling tidak 1 kali dalam seminggu di dalam makanan atau minuman entok hal ini bertujuan agar entok tidak terkena penyakit dan jauh dari kelumpuhan kaki.
6. Masa panen entok
Masa panen entoh sebaiknya dilakukan selama usia entok 3 atau 4 bulan, usia ini termasuk dalam usia yang disarnkan sebab jika semakin tua daging entok akan keras , pada masa ini tergantung anda apakah ingin menjual entok atau menternakkan entok untuk diambil terlurnya, biasanya entok akan bertelur pada usia tersebut
nah itulah cara ternak entok , semoga dapat membantu anda dalam usaha ternak entok atau budidaya entok.